Senin, 25 Februari 2008

Namaku Palupi

Nama lengkapku Palupi Anggraeni.
Bagaimana menurut kalian? Baguskah namaku?
Ada beberapa orang yang bilang namaku unik.
Ada juga yang bilang namaku nggak pasaran.
Tapi lebih banyak yang mengolok-olokku dengan memanfaatkan namaku ini.
Beginilah ceritanya…

Ketika SD, teman-temanku paling sering memanggilku dengan sebutan Palu, atau Upil.
Sungguh menyebalkan! Guru olahragaku pun, tak kalah isengnya, memanggilku dengan sebutan Pelupa. Kendati menyebalkan dan sering membuatku marah, tak ada yang bisa kulakukan. Kadang-kadang temanku kubalas dengan merubah namanya juga menjadi julukan yang lain yang jelek. Misalnya, temanku bernama Wawan kupanggil jadi Bakwan. Temanku Riska kupanggil jadi Iris-iris. Temanku Melani kupanggil jadi Comel. Tapi, sepertinya nggak ada nama lain yang kalau diledekin jadi sejelek namaku.

Sampai-sampai, suatu hari ketika masih SD, aku mengajukan protes kepada ibuku.
”Kenapa sih Bu aku dikasih nama Palupi? Jelek banget!”
”Lho? Memangnya kenapa dengan namamu?”
”Semua temanku ngejekin aku, gara-gara nama itu”
”Dipanggil Upil, Palu, belum lagi Pelupa”
”Kok bisa-bisanya aku dikasih nama jelek begitu?”

Dan Ibu pun tidak memberikan jawaban yang memuaskan.
”Nama kamu itu bagus kok. Ada artinya. Tapi artinya apa, ibu lupa”.
”Yang ngasih nama kamu itu tuh kakek”

Aku pun tidak mau terima begitu saja jawaban dari ibu.
”Tapi apa nggak mikir sih, kalau anak dikasih nama Palupi, banyak banget ejekan yang bisa dibikin. Kan kasian”
Ibu memandangku, terdiam sejenak, dan berkata.
”Iya juga ya...Waaah, dulu sih ibu nggak kepikiran begitu ya”
”Waktu kakek ngasih nama itu, ibu pikir kedengarannya bagus, jadi ibu iyakan saja”

Aku tambah marah mendengar jawaban Ibu. Bahkan, dulu aku merasa namaku adalah nama terjelek seantero jagat raya. Tapi aku pun tahu, aku tak berdaya merubah namaku.

Sekian lama berselang, semakin banyak orang yang kukenal. Dan ejekan atas namaku pun makin lama makin menghilang. Lebih banyak justru yang memuji namaku. Biasanya justru pujian-pujian ini datang dari orang-orang bule. Bahkan, seorang CEO, bosku ketika masih di perusahaan yang dulu - saking terkagum-kagumnya begitu tahu bahwa nama Palupi itu memiliki arti yang bagus - berniat menggunakan nama itu untuk anak anjing miliknya yang akan segera lahir. Well, mungkin sekilas itu lebih tepat sebagai hinaan bagi namaku. Tapi aku punya pendapat berbeda. Soalnya, CEO-ku itu memang tidak memiliki anak, dan anjing peliharaannya baginya sudah seperti anak kandungnya sendiri. So, aku sendiri nggak mau ambil pusing apakah itu merupakan sanjungan atau hinaan atas namaku.

Namaku Palupi, apa kalian tahu artinya? Dalam bahasa Sansekerta Palupi berarti teladan.

Setelah mengetahui arti namaku, aku jadi berubah pikiran. Menurutku, nama itu terlalu bagus, dan sama sekali tidak pantas diberikan padaku. Bagaimana tidak, hal yang pantas diteladani dari diriku menurutku hanyalah kedisiplinanku untuk tidur tepat waktu dan tidur cukup. Setiap hari, minimal aku harus tidur selama 7 jam, dan tak boleh kurang. Maksimal? Di waktu weekend, aku bisa tidur dari malam hari hingga sore keesokan harunya. Itulah bentuk disiplinku atas waktu tidur.

Sebagian teman memandang berbeda atas kedisiplinanku itu, mereka malah memanggilku kebo alias tukang molor. Sebagian lain yang cukup baik hati memanggilku dengan sebutan Sleeping Beauty.

Selain kedisiplinan atas waktu tidur itu, entahlah...kurasa tak ada hal lain yang bisa diteladani. Tapi memang Palupi adalah namaku.

34 komentar:

  1. Halo Upi,
    hehehe......
    untunglah kamu udah tahu arti PALUPI,
    saya sudah tahu arti Palupi sejak kecil, sama deh seperti kamu, kakek yang punya gawe memberi nama PALUPI. Dia menjelaskan artinya komplet, gara2 aku pulang sekolah ama nangis! hahaha....
    Kakek kita baek ya :D
    iya lho, sama! sering diplesetin jadi pelupa, hahaha...malah ada yg bilang kelahiran Palopo ya?
    hihihi...kasihan, ternyata emang bhs Sansekerta sudah langka, kalo menurut kakekku itu sih bhs Jawa kuno, Jawa-Kawi, kan adaptasi hasil gabungan tuh dari Sansekerta juga.
    So.....tenang aja-lah!
    And you & me, both of us can be Palupi- always - PALUPI for others =)
    Salam Palupi!
    Yesi Palupi - Malang.

    BalasHapus
  2. Hi, Upi..
    Salam kenal. haha..nama saya juga ada Palupi nya. Reni Nursatwika Palupi. Saya tertarik mencari arti nama saya di google karena ada seorang teman yang bilang dia mencari nama saya di google dan katanya arti nama saya dari bahasa sanskerta: teladan.

    Saya pikir, wah kok bisa pas banget ya sama yang diceritain ibu saya waktu kecil. Yang memberi saya nama Palupi adalah Bapak. Ibu bilang, Bapak yang tau benar arti nama itu, kemudian cerita ke ibu.

    Iya, sama dengan kisah kamu dan Yesi Palupi, saya juga sering lho dipanggil Pelupa, bahkan Palu...Hah! Tidak tau saja mereka arti nama saya. hehe...Keren bo'. Itu doa orang tua paling manjur buat saya.
    Oya, orang juga sering bertanya, Palupi itu nama keluarga ya. Mereka pikir Palupi itu nama marga/keluarga dari Sulawesi. Walaah....padahal saya ini Jawa tulen...ga ada Sulawesi-sulawesi nya...hihii...ada-ada aja.

    Yosh, kayaknya orang-orang yang punya nama Palupi perlu bikin club, deh...hahaha...Palupi's Club gitu...keren ga tuh...? =D

    BalasHapus
  3. halo mbak-mbak Upi semua....

    kebetulan kami juga punya niat untuk memberi nama "Palupi" untuk anak pertama kami yang diperkirakan perempuan. sebenarnya usulan pertama itu datangnya dari teman yang memanggil si janin dengan sebutan "Upik". ternyata bagus juga nama tersebut didengar. akhirnya kami sepakat memberi nama belakang anak kami dengan nama "Palupi".

    dari kemarin2 kami coba browsing untuk arti dari "Palupi", tapi baru sekarang dapetnya. ternyata "Palupi" punya arti yang bagus. semoga anak kami nantinya bisa jadi teladan yang baik untuk generasi berikutnya.

    salam...

    BalasHapus
  4. assalamualaikum sist :)
    maug ikut gabung niii ..
    namaku PALUPI juga lho.
    lebih tepatnya PALUPI SUHARYANTA
    tambah unik kan nama belakangnya
    *beuh narsis*

    hihi aq tau arti PALUPI dr jaman SD, soalnya babeh ku guru bhs Jawa gitu..
    hmm bangga dengernya
    tp bener sist, kdg ngrasa malu aja kl ditanya "Palupi artinya apa ?"
    mau jawab "Teladan" rasanya beraattt..
    abis ngerasa blm bs jd teladan yg baik c :)

    anyway ...
    saya bangga dengan nama saya ..
    semoga doa orangtua kita terkabul ya sista2 semua :))

    lam knal
    Palupi 'Upix' Suharyanta

    BalasHapus
  5. salam kenal semuanya.....
    hehehe gabung ya... namaku juga ada palupinya... tepatnya Nanik Palupi Ariyanti... kata ibuku ....karena aku anak pertama maka di harapkan aku jadi palupi/teladan bagi adik-adikku.... ...sesama balupi kayaknya ok juga kalo bergabung tuch... apa kita buka acount facebook khusus yang punya nama palupi.heheheh

    BalasHapus
  6. hahahaha.. ayooo kita bikin komunitas palupi. hihhi. plek sama deh nasib kita. Palu, Upi, Upik, Upil, Pelupa, Lupa Lupi, Lup lup dicelup, Upay, hahaha... banyak juga ya. syukurlah, orang bisa berkreasi atas nama kita hihihi. Kadang saya juga dipanggil Pal. Tapi Pal dalam bahasa inggris artinya oke juga. Teman, sahabat.

    Dan nama kita sering dihubungkan dengan film jadul "Apa yang Kau Cari, Palupi?" yang sampai sekarang, saya juga belum pernah tau filmya seperti apa. seru sekali ya!!!

    Iya, kata orang artinya teladan, keibuan begitu.. hehe dan, persis! Nama Palupi juga kadang dikira seperti nama marga seperti penduduk Indonesia di luar jawa.

    Wah, semakin gembira deh, punya nama Palupi. Tak pasaran, karena uniknya.. hehe. Salam kenal :-D

    BalasHapus
  7. hai upii salam kenal yaa
    nama ku juga ada palupi
    lebih tepatnya Kinanti Dwi Palupi. aku juga seing diejek dari kata palupi menjadi palu atau apapun haaha ya bgtulah.sama sepertimu ak jg diberi nama oleh kake hehe aku jg penasaran apa arti palupi itu. tp banyk yg menyebutkan padaku kalau palupi itu sebuah marga menurut mereka.
    yg aku tau palupi itu periang tp ternyata berarti teladan. aku baru tau sekarang :D Thanks ya

    BalasHapus
  8. Waaahhh...nggak nyangka ternyata banyak sekali yang memberi respon untuk cerita ini. Seneng banget rasanya! Apalagi yang merespon semuanya senama dan senasib, hahaha... Senang berkenalan yaa!!!

    BalasHapus
  9. ternyata g cuma ak yang merasakan terhina saat kecil dan bangga saat tau artinya,,palupi semangat!!!^ ^

    BalasHapus
  10. katanya unik n ga pasaran. ini yg bikin blog n kasih komen semuanya palupi. ixixixixixixi

    BalasHapus
  11. hoho,, terharu,, kisah'q juga sama,, wktu kecil aq dipanggil palu, upil, upal-upil,, bkin jengkel aj,,
    salam kenal,, namaku naili palupi, kombinasi nama arab -jawa,, klo d tanya artinya palupi apa,aq jg rodo ga pede,, karena terlalu indah artinya,, :)
    salam palupi,,, palupi's club,,

    BalasHapus
  12. Hai, para mbak Palupi
    Nama saya juga Palupi. Dulu waktu kecil, juga mengalami hal yang sama.
    Waktu SMA, di buku bahasa Indonesia, ada potongan puisi jawa, dan ada kata Palupi. Teman-teman saya akhirnya excited waktu lihat. Hehehe
    Saya sendiri merasa belum bisa jadi teladan yang baik. Tapi seperti kata orang, dalam nama yang diberikan orangtua kepada anaknya, terselip doa di dalamnya. Semoga arti nama Palupi bisa terwujud suatu hari nanti :D

    BalasHapus
  13. Alhamdulilah senangnya melihat kumpulan orang-orang yang bangga atas nama yang disandangnya.kawan,bukankah nama adalah doa? Berbanggalah kalian yang punya nama PALUPI,sangat bermakna artinya:)
    Salam kenal,saya PALUPI KRAKATAO :-)

    BalasHapus
  14. Hey ko sama ya :) aku sampe sekarang masih dipanggil nama julukan gitu, kadang kesel sih.. Terus ada julukan baru untuk palupi, yaitu pele. Temen2 aku yang kasih julukan itu...
    Salam, PALUPI WULANDARI RATNAKUSUMA SINAGA

    BalasHapus
  15. Haaai para Palupii :D. Saya baruu aja tau kl nama Palupi itu dr bhasa Sansekerta yg artinya teladan. Yg saya tau dari dulu, Palupi itu artinya BIDADARI YANG TURUN DARI KHAYANGAN. :D. Salam kenaaal semuaa, saya AMANDA KATARTIKA PALUPI :)

    BalasHapus
  16. Nama yang baik bukan hanya yang terdengar indah, tapi yang disana ada do'a dan harapan. Yuk....berfastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan.

    BalasHapus
  17. ternyata banyak juga yang pakai nama palupi di Indo,
    kirain awalnya nama keluarga
    sukses PALUPI's

    BalasHapus
  18. haaiii, saya juga PALUPI lho.. salam kenal semua ke semua PALUPI,.. yang kasih nama palupi, juga kakek saya... hehe

    BalasHapus
  19. Halo ,aku lidya palupi saraswasti,aku sekarang lebih pd karna tahu arti palupi.....temenku ada yang bilang palupa,palupis......,tapi aq beruntungbkarna kakekku , memeberi nama palupi karna artinya yang menarik....,,,,makasih ya mba upi udh ngasih saran dengan blog ini heheh

    BalasHapus
  20. Wahhhh...kaget juga iseng nyari malah bisa nemu cerita ini...saya theresia palupi utami.....dulu kecil ya gak suka sama nama palupi...pada bilang pelupa, upil, palu, etc....tp karena ibu saya yang bertanggung jawab atas pemberian nama ini, terus menjelaskan arti nama saya....dan semakin tua saya semakin senang dipanggil nama palupi, terutama nama kecil saya upi....maju terus geng nama palupi ♥♥♥

    BalasHapus
  21. Iseng cari di google juga dan ketemu cerita ini dengan komen para palupi. Lol :))
    Ceritanya sama banget mbak. Sering jadi upil, pelupa, palupet, lupis dan lain lain.
    Selain artinya teladan, Palupi itu nama tokoh wayang juga lho, istrinya Arjuna.
    Kayaknya komunitas palupi perlu direalisasikan nih :) hehe
    Salam kenal,
    Palupi Fatma Ningtyas - Yogyakarta

    BalasHapus
  22. Well and this page lagi komentarin nama PALUPI.
    Salam kenal ya untuk para si empunya nama PALUPI :)
    Ceritanya hampir semuanya sama hehe,saya diberi nama PALUPI oleh Ibu saya. Banyak yang bilang juga kalau itu nama marga atau nama keterunan keluarga dari luar pulau Jawa-_-
    Kalau di searching nama itu untuk nama laki-laki dan guru saya juga pernah bilang kalau nama PALUPI itu untuk seorang prajurit. Tapi, yang disini perempuan semua ya sama seperti saya perempuan yang punya nama PALUPI :D
    Anggita Endah Palupi :)

    BalasHapus
  23. Yaampuun ceritanya sama bangeett ,,duluu aku juga sering diejekin palu, upil, upik abu, pelupa, atau apalah pal sempal , lah itu -_- tapi banyak yang bilang palupi itu unik namanya lucu dan jarng ada,.malah cuman aku doang kalo di sekolahan yang namanya palupi,.. Hehehehee bangga deh punya nama palupi,. Semoga palupi pun juga bisa jadi teladan yang baik,,... Palupi Adistyas Sari :) ;)

    BalasHapus
  24. Halo para Palupi! Geli juga baca blog ini & komentar2nya. Sebagai Palupi saya juga merasakan suka duka yg sama, juga diejekin palu, pelupa etc. jaman sekolah dulu. Mirip sekali cerita2nya. �� Rupanya banyak Palupi yg googling mencari arti namanya... Klu aku yg kasih nama Ibu & diceritakan klu artinya teladan waktu mengeluh ttg nama ini. Krn gak percaya cek internet, ehh ketemu blog ini... Yuk semua Palupi unite! ��

    BalasHapus
  25. Iseng nyari arti nama palupi malah ketemu cerita ini, salam buat para mpunya nama PALUPI. Kenalin juga namaku PALUPI, sering bgt dapet ejekan yang sama pelupa, upil, sampe ejekan bebek goreng karena di sini ada depot bebek goreng palupi.
    Mungkin karena aku anak pertama jadi diberi nama yang ada PALUPInya, padahal sih belum bisa sepenuhnya jadi teladan, dan ternyata banyak bgt yang punya nama sama. Salam kenal.

    Diana Budi Palupi - Surabaya

    BalasHapus
  26. Kok sama yaa ceritanya aku dulu waktu sd juga gitu sering diejek sampe2 aku sering pulang sebelum jam pulang aku nangis sering bgt nangis dan sering bolos grgr sering diejek pelupa upil palu banyak dehh. Tapi sekarang aku masa bodo . Ada yang manggil pil ada yang manggil palu hehe
    Salam kenal palupi prasasti andriani :)

    BalasHapus
  27. Haloo semuaaa, seru bgt baca komen2 kalian, sprti ny kita memiliki pengalaman yg sama karna di panggil dgn macam2 sebutan wkwkwk, tp aku bangga bgt dgn nama ku karna gak ada yg sama di 1 sekolah jd mudah di ingat deh ^^

    Salam kenal dr PALUPI DWIKA PRAMESWARI --Pontianak

    BalasHapus
  28. salam PALUPI...
    nama saya AGUSTINA PALUPI, biasa dipanggil"napalu". Ya begitulah,hampir mirip sih dgn cerita kalian tentang nama unik kita, tp saya bangga punya nama PALUPI. Dan percaya atau tidak, nama suami saya juga unik dan lumayan langka loh...jodoh emang unik.

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum, salam kenal semuanya, nama saya juga Palupi tepatnya Retno Palupi. Tapi kalo saya dari dulu seneng loh punya nama itu, karena menurut saya itu nama langka hehe.. mau di panggil upil, palu, pelupa, ilup dll aku seneng seneng aja hehehe apa saya yang aneh ya? Entahlah...tapi beneran nggak marah ataupun sedih sampe nangis gara2 panggilan itu. Sampe diusia saya yg ke 25 dan sudah menikah pun masih dipanggil upil sama temen dan sodara.
    Semoga ibu/tante/mbak/adek PALUPI bisa menjadi teladan yang baik ya aamiin

    BalasHapus
  30. Hallo semuanya, nama saya juga Palupi. Saya sering diejek dipanggil palu, pelupa dll. Wktu SMP bnyak guru sya yg menanyakan arti nama sya, wktu itu sya belum tau artinya tpi setelah sya tau sya bangga banget apalagi cuman sya yg namanya Palupi disekolah hehe... Pas pertama masuk SMA bnyak guru yg ngira klo sya orng Palu hehe... Salam kenal Palupi Eka Putri

    BalasHapus
  31. Hai Kak Palupi,
    11 12,
    Palu, Pelupa, dll.
    Salam sayang,
    Galuh Sinda Palupi, Kediri Jawa Timur.

    BalasHapus
  32. ternyata banyak juga nama palupi❤️
    namaku juga Zasika Palupi Yusup ..

    BalasHapus
  33. Halooo...sesama palupi. Aku juga sama banget ngerasa kayak kamu, tp setelah aku baca2 blog ini dan mencari arti nama Palupi. Aku bersyukur bgt :") malah malu pas tau artinya. Semoga nama ini adalah cerminan dari diri kita ya, nama yang diberi ortu untuk kita kan adalah doa ;) aamiin!!!

    BalasHapus
  34. YouTube: Videoslots_pawn - Videoslots_pawn | VideoLucky
    YouTube is the leader in social video gaming with over 80 000 videos, videos, videos, screenshots youtube video to mp3 and more. Find out about their videos, play them here!

    BalasHapus